picasion.com

2.24.2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : IX (SEMBILAN) /GANJIL
Pertemuan Ke : 1-2
Alokasi Waktu : 6 Jam ( 6 X 40 Menit ) 2 x pertemuan
Standar Kompetensi : 1. Memahami ajaran Al- Quran surat At-Tin.

I. Kompetensi Dasar

• Membaca QS. At-Tin dengan tartil.
• Menyebutkan arti QS. At-Tin.
• Menjelaskan makna QS. At-Tin.

II. Indikator

• Membaca potongan-potongan ayat dalam QS. at-Tin dengan benar.
• Membaca keseluruhan ayat dalam QS. at-Tin dengan tartil dan benar
• Mengartikan masing-masing kata dalam QS. at-Tin dengan benar.
• Mengartikan masing-masing ayat dalam QS. at-Tin dengan benar.
• Mengartikan keseluruhan ayat dalam QS. at-Tin dengan benar.
• Menjelaskan makna setiap ayat yang ada dalam QS. at-Tin dengan benar.
• Menjelaskan pesan-pesan pokok dari QS. at-Tin.

III. Tujuan Pembelajaran

• Siswa diharapkan mampu Membaca potongan-potongan ayat dalam QS. at-Tin dengan benar.
• Siswa diharapkan mampu Membaca keseluruhan ayat dalam QS. at-Tin dengan tartil dan benar
• Siswa diharapkan mampu Mengartikan masing-masing kata dalam QS. at-Tin dengan benar.
• Siswa diharapkan mampu Mengartikan masing-masing ayat dalam QS. at-Tin dengan benar.
• Siswa diharapkan mampu Mengartikan keseluruhan ayat dalam QS. at-Tin dengan benar.
• Siswa diharapkan mampu Menjelaskan makna setiap ayat yang ada dalam QS. at-Tin dengan benar
• Siswa diharapkan mampu Menjelaskan pesan-pesan pokok dari QS. at-Tin.

IV. Karakter Siswa yang diharapkan

• Dapat dipercaya ( Trustworthines)
• Rasa hormat dan perhatian ( respect )
• Tekun ( diligence )
• Tanggung jawab ( responsibility )
• Kerjasama

V. Materi Ajar/Peta Konsep












1. Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun[1587],
2. Dan demi bukit Sinai[1588],
3. Dan demi kota (Mekah) ini yang aman,
4. Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya .
5. Kemudian Kami kembalikan Dia ke tempat yang serendah-rendahnya (neraka),
6. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh; Maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya.
7. Maka Apakah yang menyebabkan kamu mendustakan (hari) pembalasan sesudah (adanya keterangan-keterangan) itu?
8. Bukankah Allah hakim yang seadil-adilnya?

[1587] Yang dimaksud dengan Tin oleh sebagian ahli tafsir ialah tempat tinggal Nabi Nuh, Yaitu Damaskus yang banyak pohon Tin; dan zaitun ialah Baitul Maqdis yang banyak tumbuh Zaitun.
[1588] Bukit Sinai Yaitu tempat Nabi Musa a.s. menerima wahyu dari Tuhannya.

Kandungan yang terdapat dalam surat at-tiin adalah :
1. Yang dimaksud tin oleh sebagian ahli tafsir ialah tempat tinggal nabi nuh yaitu damaskus
2. Zaitun ialah baitul maqdis yang banyak tumbuh zaitun
3. Bukit sinai Yaitu tempat Nabi Musa a.s. menerima wahyu dari Tuhannya.
4. Yang dimaksud dengan negeri yang aman adalah kota mekkah, tempat nabi Muhammad.
5. Manusia merupakan makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna dan terbaik
6. Tapi manusia bisa menjadi makhluk yang paling rendah derajatnya disisi Allah jika tidak beriman dan mengerjakan amal saleh, yang akan ditempatkan di neraka
7. Sebaliknya manusia yang beriman dan mengerjakan amal saleh maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya (kenikmatan surga yang tidak terputus)
8. Mengapa manusia masih mendustakan (hari) pembalasan sesudah (adanya keterangan-keterangan) itu? Padahal Allah hakim yang seadil-adilnya.

VI. Metode Pembelajaran

1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Diskusi
4. Inkuiri
5. Pemberian tugas

VII. Teaching Aids (alat peraga)

1. Kartu berisi kalimat/kata QS At-Tiin dan kartu kalimat/kata arti QS At-Tiin

VIII. Sumber Belajar

1. Buku Pelajaran Agama Islam SMP kelas IX Halaman
2. Al-Qur’an dan terjemahanya

IX. Langkah-Langkah Pembelajaran

PERTEMUAN PERTAMA : 3 x 40 menit (1 X P) tanggal :

A. KEGIATAN AWAL

1. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran (salam, absen)
2. ZONA ALFA (Ice breaking, Fun story [cerita lucu, cergam lucu, teka-teki], Menyanyi, Music)
 Cerita lucu : “baru belajar”
“seorang anak yang baru belajar bahasa inggris ditugaskan untuk menghapalkan 3 kata dalam bahasa Inggris. Dalam perjalanan pulang, ia melihat 2 orang turis yang sedang bertengkar. Salah seorang diantaranya mengatakan “shit! ( )” anak tadi berkesimpulan shit adalah kosa kata bahasa inggris. Dari dalam bus ana tadi melihat poster film bioskop 21 yang berjudul “spiderman”. Iapun menghafalnya. Berarti sudah 2 kata yang saya hafal, pikirnya. Saat ia ingin turun dari bus ia mendengar ada seorang pemuda yang berkata “lady first” kepada teman wanitannya. Anak itu pun berfikir lady first adalah kosa kata bahasa Inggris. Berarti sudah 3 kata yang dia hapal.
Keesokan harinya guru anak tadi, yaitu seorang wanita yang sudah agak tua bertanya, “ok’ what is yaur first word ?” “shits!” jawab si anak. “what ?” guru tersebut langsung kaget bercampur marah. “kurang ajar! Kamu tidak sopan sama guru! “From who yau are study ?” “spiderman” jawab anak tadi. Dijawab seperti itu guru tersebut bertambah marah. Ia pun mengusir anak tersebut keluar “go out now !” anak tersebut menjawab, “lady first”
3. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
4. PRE TEACH (Menyampaikan cakupan meteri dan penjelasan uraian kegiatan/alur diskusi/prosedur kegiatan)
5. SCENE SETTING (Membangun konsep pembelajaran, pemberian pengalaman belajar sebelum materi inti, pereduksi instruksi, pembangkit minat siswa dan penasaran)
 Sumber : Imajinatif
 Pola : Bercerita
 Guru bercerita “ ahmad dari kecil tinggal bersama neneknya, saban hari ia bertanya dimana gerangan orang tuanya kepada neneknya, belum lagi kegalauanya akibat ejekan teman-temannya sebagai “anak tak bertuah (ortu kali’). Suatu hari ia mendapat surat dari pamanya di negeri rantau sana, perihal alamat orang tuanya. Bukanya surat itu membuat ahmad senang malah membuatnya sedih, kenapa ? ternyata ahmad dan neneknya tidak tau membaca !” dari cerita tersebut guru mengaitkan dengan materi membaca QS At-Tiin.

B. KEGIATAN INTI

Eksplorasi

1. Siswa mendengarkan bacaan QS. At-Tiin dari guru/media audio visual
2. Membentuk beberapa kelompok yang anggotanya heterogen
3. Guru memanggil ketua-ketua kelompok, dan kembali memperdengarkan bacaan QS. At-Tiin, sampai dianggap perwakilan kelompok tersebut paham.

Elaborasi

1. Masing-masing ketua kelompok kembali dan mengajarkan kepada anggotanya, anggota yang telah mampu, mengajar teman yang lain sampai seluruh anggota kelompok bisa melafalkan QS. At-Tiin
2. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjasamanya, dengan cara tiap kelompok melafalkan secara bersama-sama, sampai semua kelompok mendapat giliran.
Game Kreatif untuk Aktifitas Belajar-Mengajar
Nama : memberi sanksi
3. Mintalah kepada semua siswa untuk berdiri membentuk suatu lingkaran. Setiap siswa menghitung secara bergiliran mulai dari 1 sampai 50
4. Saat menghitung, mintalah kepada semua siswa untuk mematuhi peraturan; setiap angka “tujuh” atau “kelipatan tujuh” angka itu tidak disebutkan, melainkan diganti dengan tepukan tangan.
5. Apabila ada seorang siswa yang keliru dalam melaksanakan tugasnya, maka permainan dimulai dari awal.
6. Berilah hukuman (sanksi) kepada siswa yang keliru, dengan cara ”melafadzkan QS At-Tiin yang sudah diajarkan dalam kelompok”
7. Sesudah 3-4 ronde, ganti atau tambah pola kelipatan angka, contoh 5 (5-10-15 dst . . .),8 (8-16-24, dst . . .) atau kombinasi 5 dan 7 (5-7-10-14-15-21 dst . . .)
8. Rayakan kemenangan dengan yel “are you ready, kami-pasti-bisa”

Konfirmasi

1. Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
3. Melakukan Tanya jawab, penguatan, pelurusan terhadap kesulitan pembelajaran yang dihadapi
4. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif

C. KEGIATAN AKHIR

1. Bersama-sama dengan peserta didik dan atau sendiri membuat rangkuman/kesimpulan pelajaran
2. Melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
4. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedy, program pengayaan, layanan konseling dan atau member tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
5. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya



PROJECT :

1. siswa menghafal QS At-Tiin
2. siswa disuruh menulis dan menguasai dirumah arti perkata QS At-Tiin

PERTEMUAN KEDUA : 3 x 40 menit (1 X P) tanggal :

A. KEGIATAN AWAL

1. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran (salam, absen)
2. ZONA ALFA (Ice breaking, Fun story [cerita lucu, cergam lucu, teka-teki], Menyanyi, Music)
 Ice breaking :
a. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
b. Kriteria penilaian cepat dan tepat
c. Aba-aba 1,2,3 . . . tiap kelompok membuat barisan dari depan kebelakang berdasar urutan tinggi, dari terpendek ke yang tertinggi
3. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
4. PRE TEACH (Menyampaikan cakupan meteri dan penjelasan uraian kegiatan/alur diskusi/prosedur kegiatan)
5. WARMER
 Mengingatkan kembali pelajaran yang lalu dengan prosedur ayat berantai QS At-Tiin, tiap siswa secara berantai melafadzkan per ayat, sampai semua siswa mendapat giliran
6. SCENE SETTING (Membangun konsep pembelajaran, pemberian pengalaman belajar sebelum materi inti, pereduksi instruksi, pembangkit minat siswa dan penasaran)
 Sumber : Berita
 Pola : Bercerita
 Guru bercerita bahwasanya bulan depan pelabuhan Makassar akan kedatangan beberapa kapal perang negara Belanda, tapi kedatanganya bukan untuk memamerkan kapalnya, tapi akan menangkap beberapa penduduk sul-sel yang dipandang gagal melakukan pencocokan dua kartu (gambar dan konsep) yang jatuh dari langit.
Setiap siswa akan mendapatkan sebuah kartu, jika kartu tersebut dicocokkan dengan kartu siswa lain akan didapatkan perpaduan gambar dan konsep yang sesuai, dalam proses pencarian pasangan tidak diperkenankan saling komunikasi verbal. 5 pasangan terakhir dan yang gagal mendapatkan pasanganya akan ditangkap dan organ tubuhnya akan dijual.
Lalu guru menyebarkan kartu-kartu sesuai jumlah siswa, jika siswa ganjil guru akan menggenapkan sebagai pemain pasif. Dengan aba-aba, siswa mulai mencari pasangan kartunya. Tanpa terasa guru mulai masuk pembelajaran dengan metode Make- A Match

B. KEGIATAN INTI

Eksplorasi

1. Siswa mendengarkan arti perkata dan per ayat QS. At-Tiin dari guru/media audio visual
2. Siswa menelaah arti perkata dan per ayat QS At-Tiin dari berbagai sumber
.
Elaborasi

1. Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian kartu arti dan bagian lainnya kartu lafadz
2. Setiap siswa mendapat satu buah kartu
3. Tiap siswa memikirkan pasangan arti dari kartu yang dipegang
4. Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (arti-lafadz)
5. Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin
6. Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
7. Demikian seterusnya
8. (Menggunakan metode Make-A Match “21 model pembelajaran efektif)
9. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai (menjelaskan pokok-pokok pesan dari QS At-Tiin)
10. Guru mengemukakan konsep yang akan ditanggapi oleh siswa (mendiskusikan makna kandungan QS. At-Tin)
11. Membentuk kelompok yang anggotanya 4-5 orang
12. Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi
13. Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
14. Dari data-data di papan siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberi perbandingan sesuai konsep yang disediakan guru
15. (Menggunakan metode Mind Mapping “21 model pembelajaran efektif)

Konfirmasi

1. Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
3. Melakukan Tanya jawab, penguatan, pelurusan terhadap kesulitan pembelajaran yang dihadapi
4. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif

C. KEGIATAN AKHIR

1. Bersama-sama dengan peserta didik dan atau sendiri membuat rangkuman/kesimpulan pelajaran
2. Melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
4. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedy, program pengayaan, layanan konseling dan atau member tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
5. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

X. PENILAIAN

1. Prosedur
a. Penilaian Kongnitif
1) Jenis : Ulangan harian
2) Bentuk : Soal uraian/pilihan ganda
b. Penilaian Psikomotor : Melalui tugas membaca QS. At-Tin
c. Penilaian afektif : Bentuk (Lembar Pengamatan Sikap Siswa)
2. Instrument penilaian
a. Penilaian kongnitif : instrument terlampir
b. Penilaian psikomotor : Instrument terlampir
c. Penilaian afektif : Lembar pengamatan siswa terlampir


MAROS, …….., …………………….......…, …………













1 komentar:

  1. Terimakasih bgt... ^_^ ini yang aku cari² terimakasih lagi.

    BalasHapus